Selasa, 07 Maret 2023

Larutan Asam dan Basa



Asam dan basa merupakan dua senyawa kimia yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Asam dan basa terdapat dalam makanan, minuman, obat-obatan dan bahkan makhluk hidup. Secara umum, zat-zat yang berasa masam mengandung senyawa asam, misalnya asam sitrat pada jeruk, asam cuka pada cuka makan, serta asam benzoat yang digunakan sebagai pengawet makanan. Basa merupakan senyawa yang mempunyai sifat licin, rasanya pahit, dan jenis basa tertentu bersifat kaustik atau membakar, misalnya natrium hidroksida atau soda api.

Meskipun asam dan basa dapat dibedakan dari rasanya, tetapi tidak disarankan (dilarang) untuk mencicipi asam atau basa yang ada di laboratorium. Asam dan basa dapat dibedakan menggunakan zat tertentu yang disebut indikator atau dengan menggunakan alat khusus.

Seperti halnya dengan indikator buatan. Maka indikator alami juga mengubah warna larutan yang meneteskannya. Dengan beberapa contohnya bahan alami yang bisa digunakan. Untuk melakukan pengujian keasaman atau kebasaan larutan.

Tumbuh-tumbuhan atau jenis tanaman dapat menjadikannya sebagai sebagai indikator alami. Seperti halnya kol ungu, kulit manggis, bunga sepatu, dan bunga bougenville. Selain itu bunga pacar air, dan juga kunyit. Syarat dapat atau tidaknya suatu tanaman yang menjadikan sebagai indikator alami asam basa dengan terjadinya perubahan warna apabila mengekstraknya dengan tetesan pada larutan asam maupun basa.


Lembar Kerja Praktikum :https://drive.google.com/file/d/1M9760nUKJJO7spDeLGPObDUk9EGACevk/view?usp=share_link


Video ilustrasi pembuatan indikator alami larutan asam dan basa.


By. Maya Sari



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar